DPR Perpanjang Masa Kerja Pansus RUU Terorisme

Filed under: POLHUKAM |

terorismeJakarta, Berita77.com – Rapat paripurna hari ini mengesahkan perpanjangan masa kerja Panitia Khusus (Pansus) Revisi Undang-Undang (RUU) Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme hingga masa satu kali masa sidang DPR.

“RUU Terorisme diperpanjang satu kali masa sidang sampai desember 2017. Jadi 2018 sudah bisa di apply,” ujar anggota Pansus RUU Terorisme Mohamad Toha di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Menurut Toha, keputusan memperpanjang masa kerja Pansus ini sudah disetuju oleh seluruh fraksi di DPR. ‎”Memang keniscayaan perpanjangan masa kerja Pansus ini. Dari pada direvisi-revisi lagi,” katanya.

Anggota komisi III DPR ini memaparkan hal yang diperdebatkan dalam pembahasan RUU ini. Salah satunya mengenai definisi terorisme. Dia menilai definisi terorisme di Amerika Serikat (AS) paling universal atau lebih menjadi acuan.

Sementara definisi‎ di Inggris yang telah dikunjungi oleh Pansus RUU Terorisme, kata Toha, lebih mengacu pada terorisme Islam namun lebih kepada radikalisasi seperti definisi di Irlandia Utara.

“Baru-baru ini disana juga akan direvisi secara unirversal. Akhirnya yang mengaku islam ada juga,” jelasnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengungkapkan, masalah terorisme ini perlu diatur lebih detail karena hal ini bisa mengancurkan perekonomian suatu negara.

“Di Myanmar misalnya kasus Rohingya. Akhirnya umat Islam di Rohingya potensi terorisme,” pungkasnya.

Leave a Reply